sun
moon

Migrasi televisi analog ke digital paling lambat 2 November 2022

Proses migrasi televisi analog ke digital dilakukan bertahap dan berkejaran dengan deadline.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Sabtu, 21 Mei 2022 14:45 WIB
Migrasi televisi analog ke digital paling lambat 2 November 2022

Migrasi televisi digital ke analog di tanah air akan dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap I pada 30 April 2022, tahap II pada 25 Agustus 2022 dan tahap III pada 2 November 2022. Proses migrasi TV digital yang diberi nama Analog-Switch-Off (ASO) ini berubah dan mundur dari rencana sebelumnya. Rencana ini juga mengalami beberapa kali perubahan jadwal. 

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ismail menjelaskan, ada beberapa alasan yang membuat migrasi televisi digital dijadwalkan ulang hingga beberapa kali. 

Pertama, pada tahun lalu penundaan dilakukan karena pemerintah dan masyarakat masih harus berfokus pada penanganan pandemi Covid-19. Kedua, lantaran banyaknya masukan baik dari masyarakat, industri, hingga elemen publik lainnya untuk memulai migrasi di tahun lalu. 

“Terakhir, karena masih kurangnya kesiapan teknis untuk migrasi ke siaran TV digital. Proses ke siaran digital memang butuh banyak persiapan,” tuturnya, saat dihubungi Alinea.id, Senin (9/5).

Sponsored

Alinea.id mengulas proses transformasi televisi analog ke digital dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/M. T. Fadillah.

Berita Lainnya
×
tekid