sun
moon

Rusuh-rusuh di lapas

Kasus-kasus kericuhan, keributan, dan kerusuhan di lapas kian lumrah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 15 Mar 2022 15:36 WIB
Rusuh-rusuh di lapas

Kasus-kasus kericuhan, keributan, dan kerusuhan di lapas kian lumrah terjadi. Hasil riset Alinea.id di media daring sepanjang 2017 hingga 12 Maret 2022, menemukan ada 11.935 artikel yang berkaitan dengan kerusuhan dan kericuhan di lapas. Total, terekam sebanyak 99 kasus kerusuhan yang terjadi selama periode itu. 

Kericuhan teranyar terjadi Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, awal Maret lalu. Keributan melibatkan kubu napi yang "dipimpin" mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) dan kubu pimpinan eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi. 

Penyebab keributan terbilang sepele. Sebagai orang lama, kubu Setnov merasa terganggu dan tidak dihormati oleh kubu Nurhadi. Nurhadi disebut-sebut tidak melapor ke Setnov sejak awal masuk ke Lapas Sukamiskin.

Salah satu peristiwa kerusuhan yang paling menyita perhatian publik terjadi pada Mei 2018 di Rutan Mako Brimob, Depok. Kerusuhan bermula saat seorang napi teroris mengamuk karena makanan titipan keluarganya tak sampai ke tangan dia. Keributan menjalar dan memicu kerusuhan hingga 36 jam. Lima polisi dan satu napi tewas dalam peristiwa tersebut. 

Sponsored

Hasil riset Alinea.id juga menemukan sejumlah lapas dan rutan yang berulangkali jadi venue kerusuhan dalam lima tahun terakhir, semisal lapas-lapas Provinsi Aceh, Jambi, dan Papua.

Infografik Alinea.id/Aisya Kurnia

Berita Lainnya
×
tekid