sun
moon

Upgrade teknologi 4G demi internet kencang

Teknologi internet 4G semakin diperlukan di era digital dengan kebutuhan yang semakin beragam.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Rabu, 01 Jun 2022 14:25 WIB
Upgrade teknologi 4G demi internet kencang

Di era digital ini, kebutuhan berinternet memang semakin luas. Tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi melalui voice call maupun video call, tetapi juga untuk kebutuhan hiburan seperti bersosial media, mendengarkan musik secara streaming, menonton video streaming, game online, hingga untuk kebutuhan sekolah dan pekerjaan.

Apalagi, pada masa pandemi di mana pembatasan jarak menjadi keniscayaan, kekuatan internet makin tak terkalahkan. Misalnya, aktivitas belajar dari rumah (BDR) maupun work from home (WFH) yang seringkali dilakukan dengan conference. Pun begitu dengan era media sosial di mana produksi konten menjadi kunci untuk tetap eksis di dunia maya atau bahkan menjadi ladang cuan tersendiri.

Untuk diketahui, sebelum era teknologi 4G LTE hadir tahun 2014 lalu, masyarakat terbiasa mengakses internet menggunakan teknologi 2G dan 3G lewat perangkat smartphone. Tentu saja bila dibandingkan dengan 4G, kecepatan internet yang disuguhkan lewat kedua teknologi sebelumnya tidak sebanding atau bisa dibilang cukup lambat.

Kehadiran 4G LTE pun makin membawa angin segar bagi perkembangan internet seluler di Indonesia. Masyarakat yang terbiasa menggunakan 4G saat ini jika kembali mengakses internet menggunakan teknologi 3G akan merasakan perbedaan yang signifikan. Secara teori, 4G sanggup mengantarkan kecepatan hingga lebih dari 200 Mbps. 

Karena itu pula, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong operator seluler meng-upgrade teknologinya. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan untuk mendukung pengembangan jaringan 4G maupun 5G di Indonesia, diperlukan adanya improvement teknologi dari 3G menjadi teknologi yang lebih tinggi kemampuannya. 

“Berdasarkan pengaturan di bidang telekomunikasi, operator seluler mempunyai hak untuk memilih teknologi dalam pengoperasian jaringannya sehingga hal ini dapat menjadi dasar bagi operator untuk dapat meningkatkan layanan berbasis 3G ke layanan berbasis 4G atau teknologi yang lebih tinggi dengan tetap memperhatikan kepentingan dan perlindungan pelanggan,” ungkap dia beberapa waktu lalu.

Alinea.id mengulas perkembangan upgrade teknologi 4G untuk internet lebih kencang dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid